Kamis, 25 Februari 2010

Tugas Rekayasa Web (Joomla)

  1. tuliskan langkah-langkah install Joomla offline (dr extrack file joomla s/d hapus folder installation)
        1. extrack file joomlah ada local host server di pc mu sendiri.
        2. Buka Aplikasi Mozzila FireFoox lalu ketik alamat pada kolom addres yang tersedia cth : //localhost/{nama_folder yang telah di extrak).
        3. Joomla memiliki  7 step dalam pengisntalan
            1. langguange : pada step ini pilih bahas antar muka yang akan di gunakan pada joomlah, lalu pilih next
            2. Pre-Installition check  : pada step untuk memastikan kebutuhan sistem joomla terpenuhi pada seperti PHP , MySql, Xml dll. di sarankan mengikuti defaul yang di saran kan pada joomlah, setelah sudah memestikan pilih next
            3. Lisensi :Pada step ini  joomlah menginformasikan liesensi kepada pemakaii saat proses instal, setelah selesai membaca, pilih next.
            4. DataBase : pada step ini pemakain di instruksikan untuk mengisi kolom- kolom kosong yang di sediakan, yang nanti fungsinya untuk menyimpan perubahan setingan joomlah pada DataBase tersebut, sebelumnya buat DataBase pada cth ini (MySql), lalu sesuiakan type databases,host name,user name,password dan database name pada databes dengan kolom step 4 (databases) dengan proses instal pada joomlah tersebut
            5. FTP Configurations : pada step ini tentukan di Basic Setting untuk kondisi Onlie atau Ofline, bila di pilih Ofline langsung pilih Next, bila tidak isi semua kolom configurasi yang di sediakan, setelah terisi semua pilih next.
            6. Configurations : pada step pemakai di intruksikan untuk mengisi  konfigurasi global pada joomlah ada 3 konfigurasi yang harus di lakuakan :
                • Site Name : Di isi untuk menentukan bagaimana nantinya website akan dikenali di Internet, terutama di Search Engine.
                • Confirm the Admin E-mail and password :di isi untuk login ke website joomla yang kita buat dan untuk login joomlah Administrator.
                • Load sampel data, restor : pilih  instal defaul semple data lalu klik tombol instal sampe data (untuk menampilakan wabsite secara default pada saat kita mngakses waebsite tersebut), saran biarkan semua configurasi secara default. lalu pilih next.

              7. Finis : pada Step terakhir pemakain di intruksikan untuk menghapus  file installation yang terdapat pada folder joomlah yang di extrak pada saat pertama kali akan menginstal
4. setalah proses instal sudah selesai, lalu ketik Alamat  pada kolom addres yang terdapat pada Mozzila FireFoox seperti //localhost/(nama_folder yang telah di extrak) secara otomatis mozzila akan menampilkan joomlah yang telah di instal.
2. jelaskan fungsi dari : 
  • Artikel Manager : untuk menambah artike, mengedit artikel, menghapus artikel dan lainnya. 
  • Front Page Manager : untuk menampilkan atau tidak sebuah artikel dihalaman Web 
  • Section Manager : untuk membuat Section (seksi) biasanya dilakukan sebelum kita membuat artikel  
  • Media Manager : untuk menambahkan file-file berupa media (video, suara, gambar). 
  • Menu Manager : untuk membuat menu baru serta untuk mengedit menu yang sudah ada
    Language Manager : untuk mengatur bahasa di antarmuka Joomla
    User Manager : untuk mengatur semua anggota diwebsite kamu  
    Global Configuration : ada 3 konfigurasi yang di gunakan joomlah untuk mengatur konfigurasi secara umum :
          1. Site: Konfigurasi di site, menentukan bagaimana nantinya website akan dikenali di Internet, terutama di Search Engine. Item penting yang perlu dikonfigurasi ulang yaitu: Site Name (nama website yang akan muncul di pojok kiri atas browser), Global Site Meta Description (deskripsi umum website), dan Global Site Meta Keywords (Keywords yang digunakan untuk pencarian website di Internet). Upayakan konfigurasi ketiga item tersebut menggambarkan isi dari website yang dibuat.
          2. System: Secara umum, nilai default dari konfigurasi system sudah cukup baik sehingga tidak perlu merubah apapun. Tetapi jika ingin melakukan beberapa perubahan, Kelompok item yang perlu diperhatikan adalah User Settings dan Cache Settings. User Settings menentukan bagaimana sistem joomla akan memperlakukan User pada saat Registrasi, sedangkan Cache Settings menentukan berapa lama sistem akan menyimpan file-file website yang pernah dibuka pengunjung. Pertimbangkan bahwa penentuan waktu cache akan mempercepat proses akses, tetapi pada saat yang sama justru akan menjadikan sistem tidak sensitif terhadap update/perubahan content.
          3. Server: Terdapat 5 kelompok item disini yaitu Server Settings, Locale Settings, FTP Settings, Database Settings, dan Mail Settings. Perubahan yang perlu dilakukan adalah pada Locale Settings, yaitu setting Zona waktu (time zone) gunakan zona GMT+7, dan Mail Settings; pastikan alamat e-mail dan nama e-mail sudah sesuai dengan e-mail yang Anda siapkan.
       
    • category manager : untuk membuat Category (kategory) biasanya dilakukan setelah membuat sebuah Section

    0 komentar:

    Posting Komentar